ICON
IMG-LOGO

Blog

IMG-BLOG

10 Fakta Menarik tentang Batik

Batika | 24 Mei 2022 | produk | di baca sebanyak 77 kali

Hai Batikers...

Batikers udah sering beli tas Batika pasti sudah tahu nih asal mula kata ‘Batika’ dari mana, Iya bener banget… Itu karena produksi produk kita terbuat dari Batik. Batik sendiri merupakan warisan budaya Indonesia yang sudah terkenal sampai ke mancangera loh, keren banget kan! Bahkan pada 2 Oktober 2009, Unesco telah meresmikan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi, sehingga sejak itu 2 oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

Dalam laman resmi yang di tulis oleh UNESCO, menjelaskan bahwa batik merupakan bagian hidup orang Indonesia. Batik merupakan identitas budaya masyarakat Indonesia yang dibuat sepenuh hati dengan corak, warna serta berbagai kreasi yang menyimbolkan kreativitas sera spiritualitas orang Indonesia.

Perasaan bangga saat menggunakan Batik, menjadi hal yang sering dirasakan oleh orang Indonesi. Bahkan seiring berkembangnya jaman Batik telah di modifikasi dengan berbagai model. Ada yang berupa baju, celana, tas dan masih banyak kretaifitas lainnya dari Batik.


Yuk intip 10 fakta menarik tentang Batik, apa aja sih!

1.     Asal mula kata batik yang merupakan perpaduan antara kata “amba” dan “titik” yang mana Amba berarti menulis dan titik adalah titik.

 

2.     Sebutan aktivitas membatik. Dari 11 sebutan yang ada, 10 di antaranya diawali dengan huruf N. Yakni Nyungging (membuat pola batik di kertas), Njaplak (memindahkan pola dari kertas ke kain), Nglowong (melekatkan cairan malam ke kain), Ngiseni (memberikan motif isi), Nyolet (mewarnai bagian-bagian tertentu), Mopok (menutup bagian yang dicolet), Ngelir (melakukan pewarnaan kain secara menyeluruh), Nglorod (proses pertama meluruhkan malam), Ngrentesi (memberikan cecek atau titik pada klowongan), Nyumri (menutup kembali bagian tertentu), Nyoja (mencelupkan kain ke bagian tertentu dengan malam) dan Nglorod Akhir (proses peluruhan malam kembali secara keseluruhan).

 

3.     Pada zaman dulu, pekerjaan membatik adalah sebuah pekerjaan yang eksklusif.

 

4.     Membatik adalah tradisi turun temurun dari sebuah keluarga.

 

5.     Corak batik disetiap daerah berbeda-beda dan memiliki nilai yang berbeda-beda pula.

 

6.     Batik pertama kali diperkenalkan oleh Presiden Soeharto kepada dunia, beliau menggunakan baik ketika menghadiri Konferensi PBB.

 

7.     Kota Solo dan Pekalongan menjadi kota yang konsisten menggelar acara bertema batik.

 

8.     Mitos Batik, dalam budaya jawa ada beebrapa motif batik yang tidak boleh dikenakan oleh sembarang orang.

 

Beberapa fakta diatas sangat menarik untuk dijadikan pelajaran ya, terkait sejarah dari Batik itu sendiri. So, yuk sama-sama kita lestarikan budaya membatik dan mengembangkan budaya Indonesia kesluruh pelosok dunia hehe!!

Aku cinta Indonesia, Aku cinta Batik!

 

 

Referensi

https://www.liputan6.com/health/read/3656799/10-fakta-menarik-soal-batik 


Kategori

Contact Us