ICON
IMG-LOGO

Blog

IMG-BLOG

Bikin Takjub, Tradisi Unik dan ekstrim di Indonesia!

Batika | 07 Juni 2022 | produk | di baca sebanyak 56 kali


Hai Batikers, 

?Yuk kita bahas tradisi-tradisi unik di Indonesia. Setiap tradisi ini memiliki ciri khas yang berbeda dan unik loh, ada yang terdengar aneh ditelinga dan juga ada yang ekstrim. Beberapa tradisi dibawah, mungkin saja berasal dari daerah Btikers nih. Tradisi dilakukan sebagai bentuk penghormatan, kerukunan, maupun harga diri.

?Sebagai warga Indonesia yang baik, kita sepatutnya menghargai dan melestarikan tradisi ini kan, jika tidak dilaksanakan karena mungkin sudah kurang relevan pada saat ini, setidaknya kita mengetahui apa saja tradisi-tradisi tersebut.


Yuk kita bahas bareng Batikers..

 

 

1.     Tradisi Potong Jari, dari Suku Dani, Papua

?Tradisi Iki Palek, merupakan tradisi potong jari Suku Dani di Papua. Tradisi ini dilakukan jika ada anggota keluarga yang meninggal. Sebagai ungkapan rasa sedih, anggota keluarga yang lain akan memotong jari mereka. Hal ini dilakukan karena suku Dani sangat menjunjung tinggi kebersamaan, mereka menganggap bahwa tangisan tidak cukup mengungkapkan sakitnya kehilangan keluarga, waah sedih banget ya Batikers.

 ?Yang menarik juga ternyata jumlah jari yang dipotong, merupakan jumlah anggota keluarga yang meninggal dan mayoritas yang melakukan tradisi ini adalah wanita, namun ada lelaki juga yang ikut memotong jari mereka loh.

 


2.     Tradisi Tiwah, Suku Dayak, Kalimantan Tengah.

?Tradisi tiwah ini bertujuan untuk mengantarkan arwah ke luwu atau akhirat kepada Sang Pencipta dan merupakan akhir dari rangkaian upacara kematian dalam kepercayaan Hindu Kaharingan. Tata cara melakukan tradisi ini dengan menggali tulang jenazah yang telah dikubur, lalu dibersihkan, setelahnya jenazah dimasukkan ke dalam balai nyahu. Kenapa suku dayak melakukan hal ini, nah jawabannya adalah suku Dayak merasa bahwa kematian harus di sempurnakan, supaya roh tetap dapat hidup bersama Ranying Hatalla.


 

3.     Tradisi Waruga/ Pemakaman, Suku Minahasa, Sulawesi Utara

?Tradisi ini merupakan tradisi pemakan yang dilakukan oleh Suku Minahasa di Sulawesi Utara. Masyarakat Minahasa percaya bahwa roh yang tela berpulang harus memiliki tempat yang layak dan tentram. Sehingga Waruga dimaknai sebaai rumah raga kembali ke surga.

?Waruga terdiri dari dua bagian, yaitu badan dan tutup. Warga Minahasa menempatkan jenazah seperti posisi bayi dalam kandungan. Selain itu, jenazah yang telah ditempatkan di Waruga dihadapkan ke utara, sebagai tanda para leluhur orang Minahasa berasal dari utara.

 

4.     Tatung, Singkawang, Kalimantan Barat

?Di salah satu kota di indonesia, yakni Singkawang, ada istilah Tatung. Tatung merupakan istilah yang digunakan untuk oang yang tubuhnya dijadikan media untuk dimasuki roh leluhur yang mereka percayai. Pawai Tatung ini, biasanya dilakukan untuk merayakan Cap Go Meh atau punak perayaan tahun baru Cina di Singkawang, Kalimantan Barat.

 

 



Kategori

Contact Us