ICON
IMG-LOGO

Blog

IMG-BLOG

Cara Merawat Kain Batik, Agar Tahan Lama! Dijamin Bikin Awet.

Batika | 10 Juni 2022 | produk | di baca sebanyak 92 kali

Hai Hai Batikers!!


Kain Batik Nusantara memiliki motif yang beragam dan warna-warna yang menarik, sehingga banyak orang menyukainya. Tapi tidak sedikit Batikers yang mengeluh, susah merawat kain batik yang dimiliki. Jadi bikin bete kan ya Batikers, apalagi jika kain batik yang kita beli tidak murah hehehe, bisa luntur dan rusak loh!

Nah disini, Minka bakal berbagi tips merawat kain Batik agar awet sampai bertahun-tahun!

Asalkan cara merawatnya bener.

Yuk disimak bareng-bareng!

 

1.Yang harus Batikers lakukan nih, pisahkan rendaman kain batik dengan baju yang berbahan dasar lainnya. Kalo perlu nih, saat hendak mencuci kain batik, Batikers juga perlu mengelompokkan batik sewarna dalam satu wadah. Tujuannya agar kain batikmu tidak terkontaminasi warna lain.

 

2. Jangan gunakan mesin cuci untuk mencuci batik. Apalagi jika batiknya ialah batik tulis dan cap. Sebabnya serat pada kain akan menjadi rusak. Cukup gunakan tangan untuk mengkucek ya Batikers, biar kainnya ga rusak dan luntur.

 

3. Nah yang menarik nih, baik nya Batikers menghindari penggunakan detergen saat menucuci kain batik, cukup pakai shampo saja, ok!

 

4. Setelah proses mencuci, jangan memeras kain batik yah saat hendak menjemur. Tujuannya agar kain batik tidak melipat. Caranya adalah cukup kibaskan saja kain batik,lalu jemur.

 

5. Agar warna kain batik tidak memudar, hindari menjemur batik di bawah sinar matahari secara langsung ya. ‘

 

6. Tips lainnya, kain batik tidak boleh terkena setrika panas secara langsung. Sebelum menyetrikanya, lapisi kain batik dengan koran agar warnanya nggak rusak. Hal yang sama pun perlu dilakukan jika kamu ingin menggunakan pewangi pakaian.

 

Nah, dengan cara-cara ini, kamu nggak perlu khawatir kain batik bakal rusak. Kalau ingin lebih awet, kamu bisa menyimpan batik di dalam plastik. Hindari menyimpan batik dalam lemari dengan kapur barus karena malah bisa merusak kainnya.







Referensi: https://www.hipwee.com/tips/cara-merawat-batik/

 

 

 

 




Kategori

Contact Us