ICON
IMG-LOGO

Blog

IMG-BLOG

Cerita Mistis dibalik Motif Wewe Gombel Batik Semarang

Batika | 26 April 2022 | produk | di baca sebanyak 69 kali


Dari judulnya saja sudah bikin bulu kuduk merinding belum Batikers?
Apa si hubungannya Batik yang dibuat oleh Sanggar Batik Semarang dan Hantu?
Sosok Wewe Gombel lagi, ih serem.

Ternyata ini memang sebuah kekayaan legenda Indonesia, siapa di yang tidak familiar dengan legenda hantu Wewe Gombel. Bentuk fisik yang menyerupai Kuntilanak dan suka menculik anak-anak untuk di sembunyikan, sudah melegenda dan menjadi urban legend. Lalu apa hubungannya dengan Batik?

Menariknya nih Batikers, perkembangan Batik kontemporer bisa mnegambil motif dari apa saja, termasuk motif Wewe Gombel ini. Nah, untuk menciptakan motif, biasanya Sanggar Batik melakukan riset terlebih dahulu baik riset ilmiah maupun berdasarkan pada sejarah. Setelah melakukan riset, ada hal unik terjadi pada pembuatan motif Wewe Gombel ini loh. Panjul sebagai pengrajin Batik memang menginginkan aura seram saat menggambar motif tersebut, namun pimpinan divisi desain di perusahaan tersebut, bilang bahwa Panjul tidak boleh menggambar yang seam, jadi Panjul berusaha agar motif ini terlihat menarik tanpa kesan seram. Karena katanya Wewe Gomel ini adalah sosok yang penuh cinta dan menjaga martabat perempuan.
 
Hah? Bukannya Wewe Gombel itu seram ya?
Sosok Wewe Gombel memang sosok hantu serupa kuntilanak yang suka menculik anak-anak untuk disembunyikan. Namun hasil riset menunjukkan bahwa ia menjadi hantu karena tidak ikhlas ketika sag suami berselingkuh. Perempuan kemudian memburu pasangan selingkuh sang suami dan membunuhnya. Suaminya marah dan menjelaskan bahwa penyebab selingkuhnya adalah karena tak punya keturunan. Maka perempuan itu kemudian membunuh sang suami. Atas perbuatannya, ia dikucilkan masyarakat. Perilakunya berubah serupa orang gila. Namun setiap kali bertemu anak-anak, ia menjadi waras dan sangat baik.

Masih biasa saja, ceritanya?
?Nah ini bagian klimaksya, saat Panjul mulai menggambar, tangannya seperti ada yang menggerakan. Ia menyelesaiakan desain ini kurang dari 10 menit, padahal biasanya ia perlu 3 atau 4 jam untuk mendalami riset dari motif batik. Kemudian, pada hasil gambarnya wujud Wewe Gombe, itu selalu menyerupai hantu, padahal diawal sudah dijelaskan tidak boleh menggambar yang seram. Tapi sudah berkali-kali dirubah, hasilnya masih sama. Kemudian karena terus menggambar wujud hantu. Pimpinan desain memutuskan untuk teruskan saja gambarannya, mungkin dia memang ingin digambar seram, sebagai bukti penyesalan telah membunuh. Disisi lain Panjul sebagai pengarjain Batik merasa lega sekaligus takut.
 
setelah membaca cerita diatas, ?ternyata kisah-kisah di Indonesia unik-unik yah!
Banyak hal menarik yang bisa dijadikan inspirasi ?seni dan mengandung nilai bagi kehidupan sehari-hari. Dari Batik motif Wewe Gombel misalnya, kita belajar untuk tidak bertindak gegabah ketika sedang emosi karena pasti akan gelap mata dan melakukan hal yang tidak kita inginkan kemudian akan menyesal di akhir.
?

Sama-sama intropeksi diri ya Batikers, semoga kita bisa jadi manusia yang tidak merugikan orang lain!



Referensi: https://www.liputan6.com/regional/read/4027601/cerita-mistis-di-balik-terciptanya-motif-wewe-gombel-batik-semarang

 

?


Kategori

Contact Us