ICON
IMG-LOGO

Blog

IMG-BLOG

Mitos 4 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan saat Berkunjung ke Yogyakarta

Batika | 12 Mei 2022 | produk | di baca sebanyak 122 kali

Yogyakarta, salah satu kota Istimewa di Indonesia yang menyimpan banyak keindahan alam serta adat dan budaya yang masih cukup kental. Tau gasi Batikers, berdasarkan hal tersebut, Yogyakarta juga memiliki mitos di kalangan masyarakatnya loh

Salah satu mitos yang terdapat di Yogyakarta, yakni tenang hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat berkunjung atau berlibur ke tempat wisata disana Adanya pantangan ini, dikarenakan adanya faktor sejarah, kepercayaan dan sebagainya. Sebagai masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi nilai toleransi, kita harus mengikuti kebiasaan dan adat kan, selagi tidak merugikan diri sendiri.


Yuk, sama-sama simak apa aja si pantangan tersebut.

 

1.Mengenakan batik motif larangan di Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta, menjadi tempat yang sakral bagi masyarakat lokal sebab merupakan istana dari Sultan Yogyakarta. Pantangan yang tidak boleh dilakukan oleh para pengunjung, yakni menggunakan pakaian dengan motif larangan seperti Huk dan Kawung. Motif batik ini memiliki arti yang mendalam sebab hanya orang tertentu yang boleh mengenakannya, misalnya pada motif Huk yang hanya boleh dikenakan oleh para raja dan putra mahkota, karena melembangkan sebuah kepemimpinan. Jadi kita harus menghormati aturan tersebut yah Batikers.

 

2.Mengenakan warna Hijau di Pantai Parangtritis

Batikers tau kan cerita mistis yang sangat terkenal di kawasan Parangtritis, yapss Parangtritis ini menjadi kawasan yang dikuasai oleh kerjaan Gaib yang dipimpin oleh Nyi Roro Kidul. Katanya si Nyi Roro Kidul sangat menyukai warna hijau, Karena akan dianggap sebagai prajurit yang mengikutinya. Jadi kalo Batikers ke Prangtritis mengenakan pakaian hijau, nanti dianggap sebagai prajurit Nyi Roro Kidul loh hehehehe. Bahkan banyak cerita yang mengatakan bahwa orang yang mengenakan baju hijau terseret oleh ombak, hiii sereem banget.

 

3.Berkunjung ke Candi Prambanan dengan pacar, Waduuh.

Pantangan ini berdasarkan pada cerita rakyat Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang. Diceritakan Bandung Bondowoso merasa ditipu oleh Roro Jonggrang ketika ingin dinikahinya. Cerita itu diyakini juga berpengaruh terhadap pasangan kekasih yang belum menikah ketika berlibur di Candi Prambanan. Dikhawatirkan tulah dari Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang ini juga dialami oleh pasangan kekasih tersebut, jadi kalo jalan-jalan ke Candi Prambanan bareng pacar, mitosnya pasangan tersebut akan putus huhuhu, so sad kan mendingan langsung di halalin aja tuh pacanya hehehe.


Mitos atau pantangan ini, tidak tercantum secara tertulis ya Batikers, kan konon katanya hehe. tapi, alangkah baiknya kita mengikuti dan menghormati tradisi, aturan dan budaya dari masing-masing daerah yang kita kunjungi yah  <3

Jadi sudah siap berkunjung ke Yogyakarta .

Minka Tunggu yah, apalagi kalo ke Store Batika langsung nih Batikers hihihi

 

 

Referensi:

https://jogja.idntimes.com/travel/tips/idn-times-hyperlocal/4-hal-ini-tidak-boleh-dilakukan-saat-berkunjung-ke-jogja/4

 

 


Kategori

Contact Us