ICON
IMG-LOGO

Blog

IMG-BLOG

Motif Batik Tiga Negeri, Lambang Toleransi dan Kisah Perjalanan Adiwastra

Batika | 27 Mei 2022 | produk | di baca sebanyak 76 kali

Hola Batikers!

Familiar dengan motif Tiga Negeri, Tiga Benua, Tiga Alam hehehe bercanda.

Yups.. siapa yang sering dengar motif batik Tiga Negeri, salah satu motif batik yang cantik dan elegan ini banyak digandrungi oleh Batikers semua kan?


?Ada yang unik loh dari Batik Tiga Negeri ini, Batik Tiga Negeri ini mulanya mengalami proses pewarnaan yang berpindah-pindah di tiga daerah. Proses tiga warna tersebut yakni warna merah di celupkan di Lasem, biru di Pekalongan atau Kudus dan warna Cokelas soga di Solo atau Yogyakarta. Konon katanya, jika masing-masing pewarnaan tersebut tudak dilakukan di daerah-daerah yang disebutkan diatas, pembatik tidak akan mendapatkan warna yang sesuai.


?Keunikan dalam proses pewarnaan, sejarah dari Batik Tiga Negeri yang pada abad ke-20 dijadikan sebagai kain premium yang mahal harganya. Terdapat cerita yang penuh makna ni Batikers dari terciptanya motif Batik Tiga Negeri ini.


?Batik Tiga Negeri, hadir dikala masa sulit pendudukan colonial, kebangkitan kesadaran akan nasionalisme dan krisis ekonomi di tanah Jawa. Makna dari kejadian ini tercurah pada warna merah getih pitik (darah ayam) merupakan gambaran tradisi Cina dari Lasem, biru indigo khas batik Belanda asal Pekalongan dan wran cokelas soga yang sara akan makna filsofis Jawa. Sedangkan dari segi motif perpaudan antara budaya Cina, Jawa, dan Belanda terlihat jelas pada motif hong, bunga mawar, tulip, bunga peoni, kupu-kupu, dan parang.

?Hakikat batik yang penuh makna dan syarat akan nilai-nilai kehidupan. Batik Tiga Negeri menjadi salah satu motif yang mengandung nilai keberagaman dan toleransi. Beragam coraknya menggambarkan harapan kebaikan, keindahan, dan begitu multiikulturalnya Nusantara. selain syarat akan makna, Batik Tiga Negeri juga sangat cantik dengan berbagai macam warna dan motif yang elegan.


Yuk Batikers, bangga menggunakan Batik dan lestarikan budaya Indonesia!

 





Kategori

Contact Us