ICON
IMG-LOGO

Blog

IMG-BLOG

Yuk intip! Pembuatan Tas Batika Dari Material Kulit Sapi Asli

Batika | 31 Mei 2022 | produk | di baca sebanyak 92 kali


Hai Batikers!

Siapa nih pecinta tas Batika versi kulit. Kita absen satu-satu yuk tas kulit Batika. Ada tas Ndari, Cyntia, Kenes, Maheswari, Garini, Litha dll. Banyak banget kan model yang bisa dipilih Batikers. Nah ngomong-ngomong Tas Kulit nih, tau gak sih kalo material dari Tas Kulit itu pengerjaannya menarik loh, sebab dibuat dari kulit sapi asli!


Bahan kulit sapi yang merupakan hasil pengkulitan dari penyembelihan hewan sapi. Bahan yang digunakan untuk pembuatan tas adalah bahan sampingan/bahan yang tidak terpakai dalam proses konsumsi makanan. Jadi tidak ada proses yang mubazir nih batikers hehe. Kulit sapi selain bisa dijadiin kikil juga bisa buat tas yang kece loh! Bahan kulit sapi tadi, akan dipisahkan dari daging sapi dengan proses pengkulitan. Nih Minka kasih tau beberapa tahapan sebelum menjadi tas kulit, yaitu:


Pretanning atau Pengerjaan basah (Beamhouse), tujuan dari pengerjaan ini yaitu untuk mengawetkan kulit mentah supaya bertahan hingga penyamakan sesungguhnya dilakukan. Kegiatan yang meliputi proses perendaman (Soaking), pengapuran (Liming), pembuangan kapur (Deliming), baitsen (Bating), dan pengasaman (Pickling).

Penyamakan (Tanning) terdapat beberapa penyamakan yakni, penyamakan krom, penyamakan kombinasi, dan penyamakan sintesis.


Kulit dibagi atas 2 golongan yaitu:

 

1. Hide (untuk kulit dari binatang besar seperti kulit sapi, kerbau, kuda dan lainlain) 

2. Skin(untuk kulit domba, kambing, reptil dan lain-lain). Jenis zat penyamak yang digunakan mempengaruhi hasil akhir yang diperolah.


?

o   Penyamak nabati (tannin) memberikan warna coklat muda atau kemerahan, bersifat agak kaku tapi empuk, kurang tahan terhadap panas.

o   Penyamak mineral paling umum menggunakan krom.

o   Penyamakan krom menghasilkan kulit yang lebih lembut / lemas, dan lebih tahan terhadap panas.

 

?

Penyelesaian akhir (finishing)

Kegiatan setelah penyamakan kulit terdiri atas pengetaman (shaving), pemucatan (bleaching), penetralan (neutralizing), pengecatan dasar, peminyakan (fat liquoring), penggemukan (oiling), pengeringan, pelembaban, dan perenggangan.

?

Wah pengerjaannya cukup ribet dan panjang ya Batikers hehe, tapi tenang di Batika kita sudah menyiapkan tas kulit yang kualitasnya mantap, jadi Batikers tinggal order Via Admin kita aja, tas batik Kulit dengan motif dan kualitas yang preminum sudah bisa di dapatkan!


?

Dijamin Batikers bakal lebih kece dan percaya diri. Selain nilai estetika, kita juga memberikan nilai dari batik yang kita produksi. Mulai dari pengerjaan yang dilakukan Handmade dengan penuh cinta, hingga finishing sampai menjadi tas yang keren banget.




Referensi:   http://jurnal.umj.ac.id/index.php/JPMT ?


Kategori

Contact Us